Hermawan: Densus 88 Beberapa Kali Kalah di Pengadilan

0
Kepala Puskamnas Ubhara Jaya, Prof. Hermawan Sulistyo, Ph.D

 

KEPALA Pusat Kajian Keamanan Nasional (Puskamnas) Universitas Bhayangkara Raya Jakarta Hermawan Sulistyo membantah aparat kecolongan dalam peristiwa serangan teror bom di Jalan Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (14/1).

“Ini kecolongan? Tidak juga. Ini reaksinya tidak seperti di Paris. Ini sudah ditangani,” kata Hermawan saat diskusi di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (16/1).

Dia menegaskan, aparat tidak ada yang kecolongan. “Tidak. Buktinya selesai kok dalam hitungan menit,” tegasnya.

Dia pun menyindir tulisan-tulisan di internet yang cenderung menyalahkan aparat, dengan mengarang-ngarang kronologi kejadian. “Saya lihat internet kok banyak penulis sinetron baru,” paparnya.

Ia menjelaskan, pada November 2015, polisi sudah berkali-kali menyatakan akan ada serangan. Kemudian, Desember 2015, polisi sudah menangkap beberapa orang terduga teroris. Meskipun saat itu ada protes, mengganggap polisi salah tangkap.

“Tapi, jadi kalau ngomong jahatnya setelah ada bom orang baru sadar,” ungkap pengamat yang akrab dipanggil Kikiek itu.

Bahkan, pria yang menjadi tenaga ahli di Puslitbang Mabes Polri ini mengatakan, langkah penangkapan oleh Densus 88 beberapa kali dipraperadilankan. “Densus 88 beberapa kali dipraperadilankan dan kalah,” ujarnya menyesalkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *