KEPALA Pusat Kajian Keamanan Nasional Hermawan Sulistyo mengatakan tujuan utama dibentuknya Pusat Kajian Keamanan Nasional untuk memetakan isu-isu nasional terkait keamanan nasional. Kajian ini akan mengumpulkan seluruh data-data terkat keamanan nasional.
“Puskamnas kami desain untuk jadi database keamanan nasional,” kata Hermawan saat memberikan sambutan Launching Pusat Kajian Keamanan Nasional Universitas Bhayangkara Jakarta Raya dan Seminar Keamanan Nasional’ di Graha Purna Wira Polri, Darmawangsa, Jakarta, Senin (8/12).

Menurutnya, pihaknya akan mulai melakukan kajian dan belanja isu-isu keamanan nasional sesegera mungkin. Dalam bulan Januari mendatang rencananya Puskamnas akan buat kajian dan disampaikan kepada pihak-pihak terkait per dua pekan.

“Semua isu akan kami kumpulkan. Termasuk apakah keamanan milik polisi dan pertahanan milik tentara. Semua itu kami bahas,” kata peneliti senior LIPI ini.

Dia menambahkan, ada banyak isu yang akan dibahas dalam Puskamnas, mulai dari isu teroris, aksi demontrasi mahasiswa, kerusakan hutan dan lingkungan serta berbagai isu nasional lain yang terkait dan relevan.

“Jadi semua stake holder akan mencari kami dan tanyakan soal isu-isu keamanan strategis. Semua isu yang kami bahas buat pertahanan bangsa dan negara,” ujarnya. [has]

Sumber: merdeka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *