Tentang Puskamnas

PUSAT Kajian Keamanan Nasional (Puskamnas) Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, muncul dalam konteks konfigurasi politik nasional dan politik internasional yang berubah. Salah satu dimensi tersebut menyangkut sektor keamanan dan pertahanan negara. Pada lingkungan strategis domestik, rentetan serangan terorisme dan berbagai konflik. Pada lingkungan strategis internasional, peristiwa pengeboman menara kembar WTC di New York pada 11 September 2001 menjadi titik balik paradigma keamanan nasional dan internasional.

Sejalan dengan perubahan lingkungan strategis tersebut, maka isu-isu menyangkut sektor keamanan maupun pertahanan ini memerlukan partisipasi seluruh pemangku kepentingan, masyarakat dan tidak terkeculai institusi pendidikan. Puskamnas Universitas Bhayangkara Jakarta Raya yang didirikan pada tanggal 20 Oktober 2014 lahir dalam rangka memberikan kontribusi pemikiran dalam lingkup isu-isu keamanan nasional.

Puskamnas Ubhara Jaya sebagai pusat kajian, akan melakukan program berbasis riset melalui berbagai kegiatan seperti seminar, workshop, FGD, advokasi, pelatihan dan berbagai kegiatan yang berfokus pada upaya pemahaman dan pendalaman menyangkut isu-isu berbasis keamanan nasional. Hasil akhirnya adalah Puskamnas menjadi pusat database menyangkut isu keamanan dan konflik yang bisa menjadi landasan perumusan kebijakan pihak-pihak terkait dalam mengelola dan menjaga stabilitas keamanan nasional guna mendukung terwujudnya pembangunan nasional.

 

VISI

Menjadi lembaga riset yang dapat memberikan kontribusi pemikiran kepada bangsa dan negara di bidang keamanan, resolusi konflik dan perdamaian sebagai unsur penunjang implementasi visi dan misi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

MISI

  1. Mengembangkan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya sebagai kampus riset (research university) di bidang keamanan nasional.
  2. Menjadikan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya sebagai salah satu pusat kajian keamanan nasional.
  3. Membangun peradaban riset di bidang keamanan yang berkelanjutan melalui kerjasama dalam negeri maupun luar negeri.

 

ORGANISASI

Pelindung: Rektor Universitas Bhayangkara Jakarta RayaIrjen Pol (Purn) Dr (C.) Drs. H. Bambang Karsono, S.H., M.M

Kepala Pusat: Prof (Ris), Hermawan Sulistyo, Ph.D

Sekretaris: Ali Asghar, S.S., MA. Pol

Associates: (1) Prof. Dr. Hariyono, M.Pd; (2). Prof. Dr. Marcus Priyo Gunarto, S.H., MH; (3). Dr. Kusnanto Anggoro; (4). Dr. Nur Iman Subono, M.A.; (5). Dr. Adriana Elisabeth, M.Sc.; (6) Dr. Hizkia Yosias Polimpung; (7). Hasyim Asy’ari, S.H., M.Si., Ph.D.; (8). Ir. Djuni Thamrin, M.Sc., Ph.D.; (9). Al-A’raf, S.H., M.Han.; (10) Andar Nubowo, DEA.; (11). Usman Hamid, S.H, M.Phil.; (12). Mohammad Supriyadi, S.S., M.A.Pol.; (13) Diandra Megaputri Mengko, MA; (14). Irine Hiraswati Gayatri, S.Sos, MA.; (15). Indah P Amaritasari, S.IP., M.A.; (16). Diah Ayu Permatasari, S.T., S.IP., M.IR.; (17). Prasojo, S.Sos., M.Si.; (18). Aziz Rahmani, S.IP., M.Si.; (19). Muhamad Lukman Arifianto, S.Sos., M.A.; (20). Hasanuddin, S.IP., M.AP.; (21). Azhar Irfansyah, S.IP., M.Si.; (22). Batara Ibnu Reza, S.H, L.LM.

 

PROGRAM KEGIATAN

 

Seminar Kamnas

Keamanan nasional (Kamnas) merupakan prasyarat bagi terwujudnya pemerintahan yang kondusif dalam rangka mewujudkan cita-cita nasional negara Indonesia. Keamanan nasional baik pada tingkat pelaksanaan atau kebijakan harus didasarkan atas prinsip-prinsip demokrasi. Puskamnas memiliki komitmen untuk memberikan kontribusi pemikiran seputar kamnas dan secara rutin melaksanakan kegiatan seminar membahas isu-isu terkini seputar keamanan nasional (Kamnas).

 

Sekolah Kamnas

Keamanan nasional merupakan isu strategis yang memiliki aspek sangat luas, baik aspek ekonomi, sosial, budaya maupun politik. Kajian terhadap isu kamnas harus dilaksanakan dengan perspektif multidisipliner keilmuan. Karena itu, Puskamnas akan menyelenggarakan “Sekolah Kamnas” sebagai laboratorium pemahaman dan pendalaman menyangkut isu-isu kamnas yang diasuh oleh para ahli di bidang keamanan nasional, dengan reputasi internasional.

Program sekolah kamnas adalah program khusus yang diperuntukkan bagi mereka yang memenuhi salah satu syarat berikut: memiliki tulisan yang pernah dimuat di media massa nasional; memiliki tulisan yang pernah dimuat di jurnal; memiliki karya tulis ilmiah berupa buku; memiliki ketertarikan dan visi strategis mendalami isu-isu keamanan nasional dan minimal berijazah S-1 (Sarjana).

 

Storage Database Konflik

Sebagai lembaga pusat kajian keamanam nasional, Puskamnas akan menyusun database dalam ruang lingkup keamanan nasional; konflik, terorisme, perdamaian, tawuran, pemberontakan, kerusuhan dll. Hal ini dilakukan dalam rangka memberikan kontribusi pemikiran bagi pihak-pihak terkait dalam perumusan kebijakan seputar keamanan nasional.

Database Puskamnas dikelompokkan menjadi tiga kategori, yaitu: data bersifat umum dan terbuka;, data bersifat terbatas bagi umum dan data bersifat tertutup.

 

Jurnal Puskamnas

Sejalan dengan iklim dunia kampus dan status Puskamnas sebagai strategic think tank, lembaga ini telah  menerbitkan jurnal “Keamanan Nasional” yang direview oleh tim  eksternal,  dengan latar belakang pendidikan dan profesi yang beragam guna memperkaya materi pembahasan. Jurnal Puskamnas juga mengundang tulisan-tulisan dari luar yang memenuhi syarat penerbitan. Pada bulan Juli 2018 Jurnal Keamanan Nasional telah terakreditasi dari Kemenristekdikti dengan mendapatkan peringkat ketiga.

 

FGD Kamnas

Puskamnas akan melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) tentang kamnas secara terbatas yang diikuti oleh beberapa ahli atau profesional dengan latar belakang pendidikan dan profesi yang beragam. Hasil FGD akan dijadikan sebagai rekomendasi kebijakan (policy recommendation) bagi pihak-pihak terkait untuk merumuskan dan mengambil kebijakan.

 

KONTAK:

* Kampus I Ubhara Jaya: Jl. Darmawangsa I No. 1, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Telp: (021) 7267655, 7231948; Fax: (021) 7267657

* Kampus II Ubhara Jaya: Jl. Raya Perjuangan, Marga Mulya, Bekasi Utara, Telp: (021) 88955882, 88955883; Fax: (021) 88955871

* Surat eletronik: email: [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *